Header Ads

Tanya Dokter THT Tentang Gangguan yang Sering Terjadi Pada Telinga


Tanya Dokter THT Tentang Gangguan yang Sering Terjadi Pada Telinga - Dokter THT merupakan dokter yang melakukan diagnosis, pencegahan serta pengobatan untuk berbagai penyakit yang terjadi di telinga, hidung, tenggorokan. dokter akan menangani pasien untuk berbagai usia termasuk bayi hingga lanjut usia. Tanya dokter THT dapat menjawab berbagai gangguan telinga seperti gangguan keseimbangan, telinga berdengung dan kehilangan pendengaran, gangguan hidung yang menangani kesulitan mencium dan hidung tersumbat, gangguan tenggorokan seperti suara terganggu dan sulit menelan, gangguan tidur meliputi mendengkur dan apnea tidur, dan gangguan leher dan kepala.



Tindakan yang diberikan oleh dokter THT adalah audiometri merupakan pemeriksaan untuk menilai kemampuan pendengaran termasuk mendeteksi tuli. Oesophagoscopy merupakan prosedur dengan memasukkan selang yang bagian ujungnya memiliki kamera dalam mulut kemudian diarahkan pada kerongkongan untuk memperhatikan gangguan pada tenggorokan. Operasi sinus dengan cara endoskopi dengan memasukkan selang teropong kecil untuk mengobati maupun mendiagnosis sinus. 

Tonsilektomi merupakan cara memotong dan mengeluarkan bagian amandel dari tenggorokan, biasanya dilakukan untuk anak-anak. Septoplasti merupakan operasi untuk memperbaiki posisi septum untuk hidung serta membuka sumbatan yang dapat mengalami pernapasan.

Berikut adalah gangguan yang terjadi pada telinga diantaranya:

  • Penumpukan kotoran pada telinga yang diproduksi oleh kelenjar saluran telinga, setiap orang memiliki jenis dan jumlah earwax yang berbeda, gangguan telinga ini dikarenakan kebiasaan mengorek telinga dan merusak gendang telinga, penumpukan ini terjadi karena menurunnya kemampuan dalam mendengar, telinga berdenging, rasa sakit kepala, rasa gatal hingga keluarnya cairan pada lubang telinga, pusing dan merasa bagian telinga mengalami penyumbatan.
  • Infeksi saluran tengah karena adanya virus dan bakteri, terasa sangat sakit karena mengalami inflamasi oleh anak-anak maupun dewasa, infeksi ini dapat disebabkan penyakit lain seperti alergi dan flu, gejala muncul lebih dari sehari, rasa sakit pada telinga, muncul nanah dan darah pada telinga dan gejala akan muncul pada bayi 6 bulan.

Selain itu terjadi infeksi saluran telinga luar penyebab bengkak, inflamasi dan kemerahan pada saluran telinga luar, yaitu penghubung antara gendang telinga dan telinga luar. Penyebab gangguan ini adalah infeksi bakteri, alergi, iritasi terhadap jamur. Resiko ini meningkat karena sering mengorek telinga dan merusakkan bagian kulit dari telinga. 

Hal ini dapat disebabkan juga oleh air yang masuk dalam telinga dan membuat telinga lembab dan memudahkan bakteri masuk dalam telinga dengan mudah. Gejala yang ditimbulkan adalah telinga terinfeksi hanya salah satu, bagian luar telinga maupun saluran mengalami pembengkakan dan kemerahan, kulit sekitar telinga mengalami pengelupasan, mengering dan bersisik, rasa gatal, keluarnya cairan.

Berikut adalah penyakit pada hidung diantaranya:

  • Pilek merupakan penyakit yang sering terjadi karena rhinovirus, dengan gejala 1 hingga 3 hari dan menyebar melalui bersih, batuk pada hidung, mulut dan hidung, selain itu membuat hidung terasa tersumbat dan meler.
  • Flu disebabkan oleh influenza tipe A, B dan C yang terjadi kapan saja, gejala terjadi selama 7 hingga 10 hari dan tidak berbahaya, namun hal ini membuat daya tubuh seseorang menjadi lemah.
Tanya dokter THT menjelaskan sakit pada tenggorokan menimbulkan rasa nyeri, perih hingga gatal. Gejala ini membuat seseorang sulit menelan makanan dan terinfeksi oleh bakteri dari penyakit flu maupun pilek. Sakit tenggorokan dapat dialami oleh usia 5 hingga 15 tahun dan biasanya untuk orang dewasa disebabkan oleh streptococcus dan untuk mengatasi radang ini maka perlu berkonsultasi dengan dokter. Beberapa penyakit ini perlu memperhatikan daya tahan tubuh, makanan dan minuman yang masuk dalam tubuh serta kondisi cuaca.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.