Header Ads

Tips Meningkatkan Semangat Saat E-Learning Bagi Mahasiswa Selama Pandemi

Tips Meningkatkan Semangat Saat E-Learning Bagi Mahasiswa Selama Pandemi - Virus Corona yang menyerang dunia pada awal tahun 2020 lalu membuat perubahan yang signifikan di segala bidang kehidupan, salah satunya di bidang pendidikan. Proses pembelajaran yang berubah menjadi e-learning adalah inovasi baru yang dirasakan oleh tenaga pengajar dan para siswa hingga mahasiswa yang ada di seluruh dunia.

Mahasiswa menjadi target yang paling terdampak dari proses pembelajaran online ini. Hal ini karena e-learning memiliki kelebihan dan kekurangan yang berpengaruh bagi kualitas belajar mahasiswa. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan e-learning ini? Yuk simak informasinya di bawah ini.

Apa itu E-Learning?


Pengertian e-learning adalah sebuah metode pembelajaran yang pertama kali dikenalkan oleh University Illinois di Urbana Champaign. Illinois University awalnya memakai sebuah sistem bernama Computer Assisted Instruction atau PLATO. Metode pembelajaran yang satu ini menuntut siswa untuk mempelajari segala materi menggunakan internet, baik itu melalui video, website, hingga e-book.

Di zaman sekarang, sistem PLATO sudah digantikan dengan sebuah inovasi baru bernama Computer Based Training atau CBT. Sistem ini adalah sebuah aplikasi e-learning yang berisikan banyak materi berbentuk visual dan lisan. Nah, setelah mengetahui apa itu e-learning, berikut ini adalah beberapa informasi tentang kelebihan dan kekurangan dari pembelajaran dengan menggunakan metode daring.

Kelebihan Pembelajaran E-Learning

Selain pembelajaran tatap muka, ternyata metode belajar daring juga memiliki kelebihan yang tidak kalah luar biasanya. Apa saja kelebihannya? Berikut ini informasinya.

1. Hemat Biaya

Kelebihan e-learning yang pertama adalah hemat biaya. Mahasiswa yang sedang melakukan pembelajaran online hanya perlu mengeluarkan biaya untuk membeli paket kuota internet, terlebih lagi pemerintah Indonesia sudah memberikan subsidi bantuan kuota untuk seluruh tenaga pendidik hingga mahasiswa yang sedang aktif.

2. Materi Lebih Luas

Berbeda dengan belajar luring, pembelajaran online lebih memudahkan mahasiswa untuk mencari materi. Bahan ajar yang disediakan pun sangat luas dan banyak, Anda bisa mencari berbagai materi lengkap di aplikasi, video, website, dan beberapa platform pembelajaran lainnya.

3. Bisa Diakses Kapanpun

Sudah kita ketahui bahwa internet bisa dengan mudah diakses kapanpun dan dimanapun asal Anda memiliki paket kuota internet. Dengan demikian saat Anda melakukan e-learning, Anda tidak perlu khawatir karena proses pembelajarannya bisa dilakukan dimana pun dan juga kapan pun.

4. Mudah Digunakan

Mahasiswa milenial tentunya bisa dengan mudah mengakses internet dan situs-situs belajar. Dengan demikian, daripada menggunakan metode tatap muka, metode pembelajaran daring lebih mudah digunakan dan efektif bagi mahasiswa dan dosen.

5. Lebih Menarik

Kelebihan daring yang selanjutnya adalah proses belajarnya yang lebih menarik. Berbeda dengan pembelajaran tatap muka yang biasanya membuat mahasiswa lebih mudah mengantuk, bosan, dan jenuh. Namun dengan pembelajaran e-learning akan menimbulkan kesan lebih menarik dan menghibur bagi mahasiswa.

Itulah lima kelebihan pembelajaran daring, apakah Anda merasakan beberapa kelebihan tersebut selama belajar online? Selanjutnya Anda juga harus mengetahui apa saja kekurangan dari pembelajaran e-learning ini, yuk simak informasinya di bawah ini.

Kekurangan Pembelajaran E-Learning



Selain beberapa kelebihan pembelajaran daring di atas, berikut ini adalah beberapa informasi mengenai apa saja kekurangan belajar online yang wajib Anda ketahui.

1. Terbatasnya Akses Internet

Di Indonesia tidak semua wilayah sudah memiliki akses internet yang baik. Oleh karena itu, selama proses pembelajaran e-learning masih banyak mahasiswa yang terkendala akses internet dan tidak bisa mengikuti pembelajaran.

2. Kurang Interaksi

Sudah bukan hal aneh lagi jika saat belajar daring, proses interaksi antara mahasiswa dengan dosen lebih minim. Hal ini yang menyebabkan proses sosial menjadi terganggu dan membuat mahasiswa lebih individualis. Beda halnya jika proses belajar tatap muka, maka mahasiswa bisa lebih aktif untuk berinteraksi dengan dosen begitupun sebaliknya.

3. Minimnya Pengawasan

Kurangnya pengawasan menjadi kekurangan e-learning selanjutnya yang tidak bisa dihindari. Mahasiwa bisa dengan mudah mengakses banyak platform dan situs yang tidak semestinya selama proses pembelajaran daring. Dosen pun akan sulit untuk mengawasi situs mana saja yang sedang diakses oleh mahasiswa.

5. Mahasiswa Mudah Kehilangan Motivasi

Proses belajar yang membosankan membuat mahasiswa mudah kehilangan motivasi belajar. Suasana belajar yang monoton, ditambah dengan adanya keharusan menatap monitor setiap hari akan membuat badan lebih lelah daripada biasanya sehingga motivasi belajar pun mudah hilang.

6. Banyak Konten Negatif

Media sosial dan internet menjadi wadah bagi segala konten, baik itu konten positif maupun negatif. Hal inilah yang membuat mahasiswa bisa saja terjebak mengakses konten negative yang tidak sewajarnya dengan mudah. Ditambah dengan minimnya pengawasan yang dilakukan oleh pihak tenaga pengajar membuat mahasiswa bisa leluasa berselancar di internet.

Meskipun pembelajaran daring memiliki beberapa kekurangan, tetapi Anda harus tetap semangat dalam belajar. Untuk itu, beberapa informasi selanjutnya ini akan membuat Anda lebih semangat dalam belajar, apa saja informasinya? Check this out.

Tips Meningkatkan Semangat Belajar E-Learning



Jika Anda adalah salah satu mahasiswa yang sedang di fase tidak semangat belajar e-learning, maka Anda harus menyimak informasi dibawah ini untuk mendapatkan berbagai tips belajar di masa pandemi.

1. Cari Motivasi yang Kuat

Motivasi yang kuat bisa datang dari mana saja. Tentunya motivasi yang kuat ini bisa membuat Anda lebih semangat dalam belajar online. Anda bisa menggunakan motivasi seperti mengejar beasiswa, mengerjakan skripsi dengan cepat, atau banyak motivasi lainnya yang bisa membangkitkan gairah belajar Anda.

2. Gunakan Aplikasi yang Mengedukasi dan Menghibur

Kini sudah banyak aplikasi atau platform yang mengedukasi sekaligus menghibur bagi pelajar. Aplikasi yang bisa menghibur ini sangat cocok digunakan agar proses pembelajaran tidak monoton dan membosankan.

3.Buat Jadwal Belajar yang Tersusun

Sudah kita ketahui bahwa saat e-learning jadwal kita akan terganggu dan tidak tersusun. Oleh karena itu, untuk meningkatkan semangat belajar Anda, mulailah dari membuat sebuah jadwal belajar yang tersusun sesuai dengan jam yang Anda miliki.

4. Bergabung dengan Grup Belajar

Bergabung dengan grup belajar bisa menjadi alternatif selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk membangkitkan semangat belajar. Dengan bergabung di grup belajar, Anda akan bertemu dengan orang-orang produktif yang bisa membuat Anda semangat dalam belajar. Grup belajar ini bisa dengan mudah ditemukan di media sosial, atau bisa juga ajak kenalan Anda untuk bergabung bersama.

5. Liburan

Cara belajar online yang efektif bisa dilakukan dengan berlibur untuk menghilangkan rasa jenuh. Di tengah bosannya belajar daring, tidak ada salahnya untuk sesekali berlibur bersama keluarga atau sahabat. Namun, di masa pandemi seperti sekarang ini, pastikan Anda untuk selalu menjaga protokol kesehatan dengan baik agar bisa menghentikan penyebaran virus Corona sekaligus refreshing.

Nah itulah beberapa informasi mengenai apa itu e-learning, kelebihan dan kekurangannya, serta tips meningkatkan semangat belajar yang bisa Anda lakukan di masa pademi ini. Semoga dengan adanya informasi di atas bisa membuat Anda lebih semangat dalam belajar meskipun tidak tatap muka alias daring.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.